ads header

Breaking News

Hari ke Tiga Peserta KMD Patimpeng dibekali Karakteristik Remaja Usia Penggalang

 




wartapramuka.com | PATIMPENG, SULSEL, Diketahui kegiatan KMD telah memasuki hari ketiga, peserta tetap semangat untuk mengikuti kegiatan kursus Mahir dasar yang bertempat di aula ex-UPTD Desa Patimpeng, Kabupaten Bone, Sulsel dan diikuti oleh 61 peserta.

peserta KMD Kwarran Patimpeng Sulawesi Selatan diharapkan untuk memahami secara mendasar sifat karakter dari Pramuka Penggalang. " Karena penggalang adalah peserta didik dalam yang berusia antara 11-15 tahun. Dalam siklus kehidupan manusia, anak usia tersebut masuk dalam kelompok remaja dan telah meninggalkan masa kanak-kanak menuju ke masa dewasa" terang Kakak Andi Sukmawati AZ, salah satu pelatih dalam KMD yang dilaksanakan Kwarran Patimpeng. (Jum'at/10 Maret 2023)

Menurut kak Sukma, sapaan akrab beliau bahwa pada tahap ini citra diri fisik yang merupakan gambaran mental yang dimiliki seseorang tentang tubuhnya menimbulkan perasaan ketidakpastian karena perubahan yang dialami.






Lebih lanjut, secara umum pramuka penggalang mempunyai kondisi jiwa seperti berfikir kritis, mudah terjadi identifikasi yang sangat emosional, minat dan aktivitasnya mulai mencerminkan jenis kelamin secara lebih menonjol, pengaruh kelompok sebaya sangat kuat, memerlukan dukungan emosional orang tua bila mengalami kekecewaan dalam bergaul, memerlukan kehangatan dan keserasian dalam keluarga di rumah, menyenangi perilaku yang penuh kejutan, tantangan dan perilaku mengganggu orang lain
permainan kelompok, tim, sangat menarik baginya.

Adapun perilaku anak-anak seusia Pramuka Penggalang, antara lain senang bermain, berlari-lari, senang bergerak, sering mencoba-coba, senang mengembara, suka menyanyi, teriak-teriak suara usia penggalang sudah mulai parau untuk laki-laki, senang akan sikap heroik, senang perang-perangan,
suka bertanya, kadang agak menguji yang ditanya, cepat bosan,
selalu ingin hal-hal baru,
perhatian terpusat pada teman sebaya" tutur kak Sukma.







Berdasarkan usianya, lanjut kak Sukma, pramuka penggalang adalah masa perkembangan dari masa kanak-kanak menuju ke masa remaja/pemuda. "Sifat karakter penggalang diantaranya sangat bangga bila mendapat pujian, gemar berpetualang, suka berkelompok dengan teman sebaya terutama yang satu pendapat, bangga apabila diberi tanggungjawab, bangga diperlakukan/disamakan dengan orang dewasa, suka usil/mengganggu orang lain, cepat bosan, selalu ingin bergerak/tidak mau berdiam lama-lama, selalu ingin menjadi yang terbaik, dan menyukai hal-hal yang baru" terang kak Sukma.(*)


Penulis : Y.A.Yahya (Kwarran Patimpeng)



Tidak ada komentar