ads header

Breaking News

Kwarcab Bone Pantau Pelaksanaan Pramuka Pra Siaga TK Islam Terpadu Asshiddiq

 





wartapramuka.com | Bone, Sulawesi Selatan --Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone melaksanakan pemantauan pada kegiatan Pra Siaga TK Islam Terpadu Asshiddiq, Sabtu (4/11/2023). Kegiatan Pra Siaga tersebut dikemas dalam kegiatan Gempar Gempita (Gerakan Pramuka Siaga Gembira Menjadi Pemimpin Tangguh).


Hadir langsung dalam kegiatan tersebut yakni Kak Syamsuddin, S.Pd selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone. Turut hadir mendampingi Kak H. Basri, S.Pd selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tanete Riattang Barat.






Hadir pula dalam kegiatan tersebut Yusni, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala TK Islam Terpadu Asshiddiq dan para Tenaga Pendidik TK Islam Terpadu Asshiddiq.


Saat ditemui di Lokasi Kegiatan, Kak Syamsuddin, S.Pd selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone mengungkapkan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan Pra Siaga di TK Islam Terpadu Asshiddiq. Prasiaga adalah anak yang belum berusia 7 tahun yang diberikan pengenalan tentang nilai- nilai kepramukaan di satuan PAUD.


Tentu kegiatan Pramuka Pra Siaga berbeda dengan kegiatan di Tingkatan Pramuka lainnya baik itu Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan kegiatan kepramukaan lainnya. Pembentukan karakter sejak dini dapat dilakukan melalui pendekatan pendidikan Prasiaga  dengan mengenalkan nilai-nilai kebangsaan, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi kebhinekaan, bertoleransi, saling hormat menghormati satu sama yang lain, dan dapat mandiri pada saatnya nanti akan menjadi warga negara Indonesia yang tangguh dan berbakti 

pada nusa dan bangsa.


Kelompok Prasiaga merupakan solusi praktis bagi penyenggaraan Penguatan Pendidikan 

Karakter di satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan di satuan komunitas Pramuka melalui pendekatan bermain. Hal ini sesuai dengan amanat PP No. 87 tahun 2017 pasal 1 butir 1 yang menyatakan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab 

satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi oleh hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pendekatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental.


"Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone dalam hal ini Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang merespon baik terhadap pelaksanaan Kegiatan Pramuka Siaga di TK Islam Terpadu Asshiddiq"


"Kami berharap kegiatan pendidikan karakter melalui kegiatan Pramuka Pra Siaga terus digalakkan di satuan Pendidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) khususnya di wilayah kerja Kwartir Cabang Bone" Ungkap Kak Syamsuddin, S.Pd selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone 

Penulis : Kak Sakti


Tidak ada komentar