ads header

Breaking News

Pra Siaga TK Islam Terpadu Asshiddiq Laksanakan Gempar Gempita

 




wartapramuka.con | Bone, Sulawesi Selatan ---TK Islam Terpadu Asshiddiq melaksanakan kegiatan Pramuka Pra Siaga yang dibingkai dalam kegiatan Gempar Gempita (Gerakan Pramuka Pra Siaga Gembira Menjadi Pemimpin Tangguh). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Area Stadion La Patau Matanna Tikka Kelurahan Macanang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone Sulawesi Selatan, Sabtu (04/11/2023).


Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bu Yusni, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala TK Islam Terpadu Asshiddiq. Hadir pula dalam kegiatan tersebut 20 Orang Pendidik TK Islam Terpadu Asshiddiq. Kegiatan Pra Siaga juga dipantau langsung oleh Kak Syamsuddin, S.Pd, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab Bone) dan Kak H. Basri, S.Pd, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tanete Riattang Barat.






Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak 

lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan 

untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak menjadi siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 


Ia juga menyampaikan bahwa Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. Pendidikan 

anak usia dini diselenggarakan melalui jalur Pendidikan formal, nonformal dan atau informal. Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Pendidikan anak usai dini pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat. Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan. 


Melalui kegiatan Pra Siaga ini diharapkan melalui kegiatan kepramukaan terbentuk Pendidikan Karakter.vPendidikan Karakter sebagai upaya penanaman nilai-nilai karakter kepada anak didik yang meliputi pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai kebaikan dan kebajikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan  maupun kebangsaan agar menjadi manusia yang berakhlak.


"Kegiatan Pra Siaga dilaksanakan dalam bentuk permainan yang menarik dan menantang dan mengandung unsur pendidikan"


"Kami berharap kegiatan Pra Siaga ini dapat membentuk karakter baik bagi adik-adik melalui kegiatan kepramukaan yang tidak hanya menarik dan menantang serta mengandung unsur pendidikan di dalamnya" Ungkap Bu Yusni, S.Pd.


Ada berbagai kegiatan dan permainan yang dilakukan dalam kegiatan Pra Siaga kali ini dia tanya permainan Tongkat Balon, Berjalan di Papan, Estafet Bola Pingpong, Mencari Kunci Yang Hilang, Misi dalam Pipa, Bola Sarung dan Memasukkan Paku dalam Botol.


Kegiatan ini diikuti oleh seluru Siswa TK Islam Terpadu Asshiddiq yang berjumlah 150 Orang peserta


Penulis :  Kak Sakti



Tidak ada komentar