ads header

Breaking News

Kepramukaan adalah Sekolah kehidupan, Tujuan Akhirnya adalah Pembentukan Karakter

 




wartapramuka.com | Bone, Sulawesi Selatan ,Gerakan Pramuka adalah organisasi Pendidikan Non Formal yang bertugas menyelenggarakan Pembinaan dan Pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda. Salah satu tujuannya adalah membekali kaum muda dengan berbagi Kegiatan yang menarik dan Menantang serta mengandung unsur Pendidikan di dalamnya yang tidak terlepas dari Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.


Lord Robert Stephenson Smith Baden-Powell of Gillwel, Chief Scout of The World (Bapak Kepanduan Dunia dalam bukunya Aids To Scout Mastership/ Buku Pegangan Pembin Pramuka mengungkap bahwa Kepramukaan adalah sekolah kehidupan, tujuan akhirnya adalah pembentukan Karakter. Untuk itu, Seorang Pembina Pramuka di Gugus Depan harus memastikan bahwa Pembentukan Karakter Peserta Didik harus tercapai dalam setiap kegiatan Pembinaan dan Pendidikan Kepramukaan yang dilakukan.


Hal inilah yang diungkapkan oleh Kak Dr. Musafir, S.H.I.,MH, Pelatih Pusdiklatcab Bone saat menyampaikan salah satu Materi Metode Membina yakni Mengidentifikasi Cara Belajar Efektif dan Efisien di hadapan Peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang yang dilaksanakan oleh Pengurus Dewan Racana Pandega La Patau Matanna dan We Bataritoja Gerakan Pramuka Gugus Depan 22. 045 dan 22. 046 yang berpangkalan di IAIN Bone (Jum'at, 22/12/2023).


Ia juga mengungkapkan bahwa ada berbagai hal yang dapat menyebabkan kegiatan Pembinaan dan Pendidikan Kepramukaan di Tingkat Gugus Depan, Menjenuhkan dan Terkadang Membosankan diantaranya Karena Ruang Belajar tidak Menyenangkan, Pembina yang Tidak Kreatif dan inovatif dalam merancang kegiatan Kepramukaan serta Pembina yang kurang Mengupgrade dan Mengupdate dirinya (Ilmu Pengetahuan, Metode, Strategi, Pengalaman dan Kecapan yang di miliki.


Ada berbagai hal yang dapat dilakukan agar Kegiatan Pembinaan dan Pendidikan Kepramukaan dapat berjalan efektif dan efisien diantaranya kegiatan yang dilakukan Harus Memiliki tujuan dan cita-cita yang konkrit dan jelas, Menumbuhkan minat Belajar, Tekun dan rajin hadir di kelas, Belajar kelompok secara teratur, Pindahkan seluruh materi pelajaran sebelum mempelajari

bagian demi bagian. 


Selain itu, cara lainnya adalah Konsentrasi pada satu hal, Seraplah informasi yang benar sejak dini, Buatlah catatan atau ringkasan yang rapi, menarik, teratur,dan memudahkan anda belajar memahami dan mengingat kembali serta Mengulang pelajaran adalah bagian dari belajar.


"Setiap Anggota Gerakan Pramuka harus berbahagia Karena kita adalah orang-orang

terpilih dan dipilih oleh Tuhan yang Maha Esa untuk Mengabadikan Hidupnya dalam Gerakan Pramuka karena berada dalam Dunia Kepramukaan hidup kita akan lebih terarah dan Mawas Diri"


"Teruslah belajar dan meningkatkan Ilmu Pengetahuan, Kecakapan, Keterampilan, Kompetensi, serta pengalaman yang kita miliki. Agar kelak, kita akan bangga mengatakan bahwa Saya Adalah Pramuka Indonesia" Dr. Musafir, S.H.I.,MH


Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini akan diselenggarakan mulai tanggal 20 s.d 26 Desember 2023. Adapun tema yang diusung pada kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang kali ini adalah Membentuk Pembina Yang Berkualitas dan Berkarakter. 


Penulis: Kak Sakti

Tidak ada komentar