ads header

Breaking News

KMD Penggalang Racana IAIN Bone Ditutup secara Resmi

 




wartapramuka.com | Bone, Sulawesi Selatan ,  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang Yang dilaksanakan oleh Dewan Racana Pandega La Patau Matanna Tikka dan We Bataritoja Gerakan Pramuka Gugus Depan 22. 045 dan Gugus Depan 22. 046 Yang berpangkalan pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone ditutup secara resmi (Selasa, 26/12/2023)


Acara Penutupan kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone dalam hal ini diwakili oleh Kak Syamsuddin, S.Pd., selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone. Selain itu, hadir Pula Kak Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag/ Rektor IAIN Bone selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus)






Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Kursus, Para Tim Pelatih Pusdiklatcab Bone, Ketua Kwartir Ranting Tanete Riattang Barat, Para Ketua Gugus Depan, Para Pembina Satuan, Pengurus Dewan Racana Pandega, Panitia Pelaksana dan Para Peserta.


Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag/ Rektor IAIN Bone selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) menyampaikan bahwa hari ini kita berada di Ujung Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang. Sebuah kesyukuran bahwa para peserta memiliki semangat dan jiwa korsa yang tinggi mulai dari awal pelaksanaan kegiatan hingga akhir. 


Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Pelatih senantiasa  yang Stand By di lokasi kegiatan. Jika ada ucapan yang melebihi terima kasih akan kami harutkan kepada Tim Pelatih Pusdiklatcab Bone. Beliau juga berharap setelah ini ada pelaksanaan Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) di IAIN Bone.


Berbeda halnya yang diungkapkan oleh Kak Syamsuddin, S.Pd., selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone menyampaikan permohonan maaf dari Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone dan Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone berhalangan untuk hadir di acara penutupan kegiatan dan mengamanahkan kepada kami untuk menutup kegiatan ini secara resmi.


Kami berharap silaturahmi, komunikasi dan konsultasi antara Peserta dan Tim Pelatih tidak terputus dan selalu terjalin dengan baik. Kita juga patut berbangga bahwa peserta KMD di tingkat perguruan ini sangat aktif dan antusias, dan semangat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga akhir.


Salah satu agenda penting yang nantinya akan Dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone adalah Kursus Orientasi Majelis Pembimbing (Mabi). 


"Kita berharap semua kegiatan kepramukaan yang dilakukan tidak hanya menarik menantang tapi juga mengandung unsur pendidikan di dalamya. Kami juga berharap Lulusan KMD IAIN Bone dapat membantu proses pembinaan dan pendidikan kepramukaan khususnya di Gugus depan yang ada di sekitar Kampus IAIN Bone"


"Setelah ini, kami berharap para lulusan KMD IAIN Bone dapat melaksanakan dan menyelesaikan Masa Pengembangan Orang Dewasa (Narakarya) Dasar dan melanjutkan Jenjang Kursus Orang Dewasa lainnya baik itu KML, KPD hingga KPL" Ungkap Kak Syamsuddin, S.Pd., selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone.


Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini telah dilaksanakan mulai tanggal 20 s.d 26 Desember 2023 dan diikuti oleh 32 Orang peserta. Adapun tema yang diusung pada kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang kali ini adalah Membentuk Pembina Yang Berkualitas dan Berkarakter.



Penulis: Kak Sakti

Tidak ada komentar