ads header

Breaking News

Keren, 2 Lagu di KMD Patimpeng Tercipta

 



wartapramuka.com | PATIMPENG, Kursus Mahir Dasar (KMD) golongan Pengggalang yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting (Kwarran) telah selesai. Kegiatan yang bertempat di Desa Patimpeng, Kabupaten Bone dan berlangsung selama 6 (enam) hari mulai tanggal 09 Maret sampai 15 Maret 2023 telah selesai dan sukses.


Banyak ilmu yang dibawa sebagai bekal oleh peserta KMD untuk melanjutkan masa pengembangan sesuai dengan rencana tindak lanjut (RTL). Begitupula dengan beberapa pengalaman dan kisah yang diperoleh selama KMD. Namun yang membanggakan adalah bahwa telah tercipta 2 buah lagu dengan tema kepramukaaan saat KMD berlangsung.




Oleh kakak H. Agus, S.Ag, MPd.I, LG sekaligus salah satu pelatih Pusdiklatcab Bone kembali menulis lagunya untuk dunia kepramukaan. Kali ini, lagu ciptaannya bertajuk "Inspirasi Cikal" dan "KMD Patimpeng Berkarya"


Ketika dikonfirmasi (Jum'at, 17/03/2023), kak Agus menjelaskan, kedua lagu itu tercipta tanpa memakan proses pembuatan yang lama. "Dalam kepramukaan, biasanya bagus dibuat yel-yel atau lagu untuk menambah semarak dan penyemangat kegiatan pramuka dan hal ini juga sebagai bentuk kreatifitas" paparnya.




Seperti saat menciptakan lagu yang berjudul Inspirasi Cikal, ini tercipta saat bertugas di Pos 1 pada kegiatan penjelajahan KMD Patimpeng, lanjut kak Agus. Adapun liriknya seperti berikut: 

Marilah kawan;

Marilah kita semua; 

Aktif Pramuka; 

Demi negara kita; 

(reff) Bahu membahu; Saling bekerja sama; Untuk Indonesia;

Yang kita cinta; Dengarlah semua;

Panggilan ibu Pertiwi Siaga penggalang, penegak, serta pandega

Pembina pelatih, sebagai inspirasi cikal; 

Demi jayanya Pramuka Indonesia.


Untuk lagu kedua yang berjudul KMD Patimpeng Berkarya, dibuat setelah kegiatan penjelajahan. Bunyi liriknya sebagai berikut: 

Terkesan kami di Patimpeng;

Ketika KMD penggalang; 

Bersama kawan kawan semua;

Turut larut dalam kegiatan; 

(reff) KMD Patimpeng; 

KMD yang kreatif; KMD Patimpeng; 

KMD kolaboratif;

Bersatu berkarya demi cikal;

Bersatu berkarya demi cikal.


Ketua Kwarran Patimpeng, kak A. Lukman sangat bersyukur dan bangga. Melalui KMD yang terselenggara di Patimpeng, bisa menghasilkan karya yang dapat membantu dalam kegiatan pramuka

kegiatan kepramukaan. "

Salah satu yang tidak boleh ketinggalan saat pelaksanaan kegiatan kepramukaan yakni menyanyikan lagu-lagu bertema Pramuka, agar kegiatan lebih semangat dan semarak" tuturnya.


Penulis : Y.A.Yahya (Andalan Kwarran Patimpeng


Tidak ada komentar