ads header

Breaking News

KA KWARRAN BUKA MUGUS PANGKALAN SDN 02 MINAS BARAT MASA BAKTI 2023 - 2025

 









wartapramuka.com | MINAS, Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) Pangkalan SD Negeri 02 Minas Barat yang dilangksanakan hari Kamis tanggal 15 Mei 2023 yang berlangsung di Pangkalan SD Negeri 02 Minas Barat.

Musyawarah Gugus Depan ini dibuka langsung oleh ketua Kwartir Ranting 03 minas Kak muhtasar S.Pd di dalam kata sambutannya mengatakan " laksanakanlah musyawarah ini dengan baik dan Pilihlah ketua gugus depan Putra maupun ketua Gugus Depan Putri Yang betul mau bekerja untuk mengembangkan Pramuka di pangkalan SD Negeri 02 minas barat ini " ujarnya

Lannjutnya kak Muhtasar mengatakan " untuk 2 tahun kedepan ini banyak kegiatan pramuka yang akan dilaksanakan baik mulai dari tingkat Gugus Depan hingga tingkat Kwartir dan dalam waktu dekat ini kita adalah kegiatan penilaian Gugus Depan tergiat tingkat Kwartir Ranting minas dan jangan lupa juga untuk mempersiapkan Pramuka Garuda di tingkat Gugus Depan khususnya di pangkalan SD Negeri 02 minas barat ini " tambahnya





Selanjutnya dalam kata sambutan Kamabigus SD Negeri 02 Minas Barat yaitu JARWATI,S.Pd beliau berpesan dalam amanatnya “ Dengan MUGUS kita semakin dapat meningkatkan Iman dan Taqwa Kepada Tuhan YME serta dapat menumbuhkan Kerjasama dan solidaritas, serta meningkatkan kemajuan terutama dibidang pramuka.

Gugus depan memiliki tujuan dan sasaran antara lain : menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti yang luhur dengan cara memantapkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, fisik, pengetahuan, keterampilan dan memperkaya pengalaman melalui kegiatan.

Forum tertinggi gerakan pramuka didalam gugus depan adalah mugus yaitu musyawarah gugus depan. Musyawarah gugus depan diadakan sekali dalam 2 (dua) tahun.dan tahun ini pangkalan SD Negeri 02 minas Barat.

Pelaksanaan acara Gugus Depan ini dibawakan oleh protokol kak Rafiah

Sedangkan acara pokok mugus ini terdiri dari :

• Penyampaian, pembahasan dan pengesahan pertanggung jawaban ketua gugus depan selama masa bakti termasuk pertanggung jawaban keuangan.

• Penyampaian, pembahasan dan pengesahan rencana kerja gugus depan untuk masa bakti berikutnya,(2023-2025) memilih ketua gugus depan untuk masa bakti berikutnya.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan mugus sangat penting keberadaannya bagi keberlangsungan sebuah gudep untuk mencapai tujuan gerakan pramuka pada umumnya. Karena seluruh kegiatan kepramukaan disebuah gudep bertolak ukur dari acara mugus tersebut yang mana didalamnya secara jelas tersusun acara yang sangat penting.

Pelaksanaan mugus ini dihadiri oleh ka kwaran lama yaitu kak mukhtasar.S.Pd, ka gudep dan pembina pangkalan SD Negeri 02 Minas Barat, perwakilan dari Komite Sekolah beserta adik-adik penggalang dimana penggalang PA 10 orang dan penggalang PI 10 orang sedangkan pembina PA 2 orang dan Pembina PI 13 orang untuk terlaksananya MUGUS ini dibentuk panitia sebanyak 24 orang. Sampai berita ini diturunkan Kegiatan musyawarah Gugus Depan telah selesai dilaksanakan (*)

 

Penulis : Rika Yulianti



Tidak ada komentar