ads header

Breaking News

Kesan Peserta Jota Joti Tahun 2023 UPT SMAN 8 Bone

 






wartapramuka.com |Bone, Sulawesi Selatan ---* Pelaksanaan Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (Jota Joti) Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Ambalan Jend. Muh. Yusuf dan Ambalan Elly Saelan Gerakan Pramuka Gugus Depan 11. 073 dan Gugus Depan 11. 074 Pangkalan UPT SMAN 8 Bone tentu memberikan kesan tersendiri bagi para peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut.


Kegiatan Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (Jota Joti) Tahun 2023 yang dilaksanakan selama 3 (Tiga) hari terhitung sejak Tanggal 20 s.d 22 Oktober Tahun 2023  ini diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari beberapa pangkalan diantaranya adalah UPT SMAN 8 Bone, UPT SMAN 6 Bone, UPT SMAN 19 Bone dan UPT SMKN 6 Bone dengan mengusung tema Youth Leadership In Peace: Kepemimpinan Pemuda dalam Perdamaian.






Kak Adrian, yang merupakan Peserta Jota Joti tahun 2023 yang berasal dari Pangkalan UPT SMAN 8 Bone menceritakan pengalamannya selama melaksanakan kegiatan Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (Jota Joti) Tahun 2023. Ia menuturkan bahwa ada berbagai materi menarik yang disampaikan pada kegiatan Jota Joti Tahun 2023 ini diantaranya Alur, Mekanisme, Tata Cara, Etika dan Standar Operasional Prosedur menggunakan Perangkat Radio Amatir.


Selain itu, materi menarik lainnya adalah Penggunaan Internet yang Aman dan Nyaman, Selayang Pandang Jota Joti, Simulasi Penggunaan Radio Amatir, Simulasi dan Praktik Jota Digital dengan Menggunakan Aplikasi Zello Talkie Walkie, Simulasi Joti melalui Aplikasi Scoutlink IRC dan Chat.Pramuka.or.id serta Materi Istilah-Istilah Kepramukaan dalam Bahasa Inggris/ English Scouting Methods.


Berbeda halnya yang diungkapkan oleh Syerliana, Pramuka Perwakilan dari Pangkalan UPT SMAN 19 Bone menyampaikan bahwa pada kegiatan Jota Joti tahun 2023 ini, ia dapat berkomunikasi dengan Anggota Pramuka di beberapa negara dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini, tentu saja menambah wawasan dan pengalaman berharga untuk dapat berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan pramuka di seluruh dunia.


Selain itu, ia juga dapat berbagi informasi terkait kegiatan kepramukaan dengan berbagai Pramuka yang ada di berbagai Wilayah Indonesia hingga saling bertukar informasi umum terkait pelaksanaan kegiatan Kegiatan Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (Jota Joti) Tahun 2023.


“Melalui kegiatan Kegiatan Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (Jota Joti) Tahun 2023, saya dapat berkenalan dengan para pramuka dengan diberbagai daerah dengan latar belakang yang berbeda-beda. Menjadi keseruan tersendiri untuk mengumpulkan mengisi Lookshet dan Lookbook Jota Joti hingga mengumpulkan Callsign, JID Number dan JJID Number para peserta”


“Alhamdulillah. Menjadi kesyukuran tersendiri karena dapat mengikuti Kegiatan Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (Jota Joti) Tahun 2023 ini. Semoga pada kegiatan Jota Joti ditahun selanjutnya saya dapat berpartisipasi lagi” Ungkap Perempuan yang juga merupakan Ketua Dewan Ambalan UPT SMAN 19 Bone ini.


Seperti diketahui bahwa Kegiatan Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (Jota Joti) Tahun 2023 merupakan event tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Oktober oleh Organisasi Kepanduan Dunia/ World Organization of the Scout Movement secara Internasional dan juga Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Cq. Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Nasional/DKN


penulus :  Kak Sakti

Tidak ada komentar