ads header

Breaking News

Kwartir Cabang Bone Kembali Laksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang

 



wartapramuka.com | Bone, Sulawesi Selatan , Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone kembali melaksanakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SD Islam Terpadu Amir Fil Jannah, Jalan Pendidikan Kelurahan Bajoe Kec. Tanete Riattang Timur (Bone, Sulawesi Selatan)


Acara pembukaan dihadiri langsung oleh Kak Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone. Turut hadir mendampingi beliau, Kak Syamsuddin, S.Pd (Kapusdiklatcab Bone) dan Kak Firdaus Kasim, S.Sos (Wakil Sekretaris I)




Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kak Dr. Andi Muh. Iqbal Walinono, SE.,M.Si.,CFRM (Ketua Mabiran Tanete Riattang Timur), Kak Drs. Ridwan K, M.M (Ketua Kwartir Ranting), Kapolsek, Para Tim Pelatih Pusdiklatcab Bone, Para Pengurus Kwartir Ranting, Para Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus), Panitia Pelaksana dan Para Peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang.


Dalam Laporannya, Kak Drs. Ridwan K, M.M, Ketua Kwartir Ranting Tanete Riattang Timur selaku Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa Pelaksanaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini merupakan salah satu program yang telah lama di rencanakan oleh Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tanete Riattang Timur masa bakti 2023-2026






Ia juga menyampaikan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah Pembina Khususnya Pembina Pramuka Penggalang belum berbanding lurus dengan jumlah peserta didik. Untuk itu, perlu terobosan dan langkah" strategi serta program-program yang nyata agar Pembina dan Peserta Didik memiliki jumlah yang ideal. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tanete Riattang Timur bekerjasama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone dalam hal ini Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) Bone menyelenggarakan Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang.


Berbeda halnya yang diungkapkan oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone, Kak Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si bahwa ia menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tanete Riattang Timur atas penyelenggaraan kegiatan KMD ini. Berdasarkan Data dari Pusdiklatcab Bone bahwa penyelenggaraan KMD Golongan Penggalang ini merupakan penyelenggaraan ke-25 dari semua Kursus Orang Dewasa yang telah dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone selama sepanjang Tahun 2023-2024.


Tentu hal ini merupakan Prestasi membanggakan bagi penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan yang dilakukan oleh Kwartir Cabang Bone dalam hal ini Pusdiklatcab Bone. Untuk itu, Kak Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si menyampaikan terima kasih kepada Kapusdiklatcab Bone dan Para Tim Pelatih atas dedikasi dan karya baktinya bagi perkembangan Gerakan Pramuka di Kwartir Cabang Bone.


Beliau juga mengharapkan agar para peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mulai dari Awal hingga akhir serta menyerap semua ilmu dan pengetahuan, kecakapan, Keterampilan dan Pengalaman Praktis khususnya dalam Membina Pramuka Penggalang yang disampaikan oleh Para Tim Pelatih Pusdiklatcab Bone.


"Perkembangan dan Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Kegiatan Kepramukaan di Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone, lebih khusus lagi di Kwartir Ranting Tanete Riattang Timur tentu menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai insan Pramuka. Tentu, harus dibarengi dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Gerakan Pramuka"


"Untuk itu, kami berharap para Tim Pelatih Pusdiklatcab Bone dapat memberikan bekal Ilmu Pengetahuan, Keterampilan, Kecakapan, kompetensi hingga pengalaman Praktis membina kepada peserta agar kelak mereka dapat mengaplikasikan dan mengimplementasikannya di Gugus Depan masing-masing" Ungkap Kak Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si selaku Ketua Kwartir Cabang Bone.


Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini diikuti oleh 40 orang Peserta yang terdiri atas 6 Putra dan 34 Putri. Kegiatan akan dilaksanakan mulai tanggal 20 s.d 26 Januari 2023 *

Penulis : Kak Sakti


Tidak ada komentar