ads header

Breaking News

Dr. Musafir, M.H: Persentase Kelulusan Peserta KMD Penggalang IAIN Bone capai 97 Persen

 





wartapramuka.com | Bone, Sulawesi Selatan, Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang merupakan bagian integral dan tidak terpisahkan dari Pendidikan Kepramukaan yang dilaksanakan dengan Dasar Keputusan Presiden Republik Indonesia Nom 238 tahun 1961, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 047 Tahun 2018 Tentang Pedoman Anggota Dewasa Gerakan Pramuka dan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 048 Tahun 2018 Tentang Sistem Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan.


Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang yang dilaksanakan oleh Pengurus Dewan Racana Pandega La Patau Matanna Tikka dan We Bataritoja Gerakan Pramuka Gugus Depan 22. 045 dan Gugus Depan 22. 046 yang berpangkalan di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone dilaksanakan mulai tanggal 20 s.d 26 Desember 2023 bertempat di Aula Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus 2 IAIN Bone Kelurahan Polewali Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone, Sulawesi Selatan.






Hal inilah yang disampaikan oleh Kak Dr. Musafir, MH selaku Wakil Pimpinan Kursus saat menyampaikan Laporan Pimpinan Pimpinan Kursus pada Penutupan Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang (Selasa, 26/12/2023).


Beliau juga menyampaikan bahwa Materi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini  terdiri atas 4 (Empat) Tahapan materi yakni Orientasi, Penguatan, Penerapan dan Pengukuhan. Setiap tahapan memiliki modul dan materi yang berjumlah 28 materi yang terintegrasi dengan 70 Jam Pelajaran.


Kegiatan Kursus meliputi kegiatan pembukaan dan penutupan, Penerimaan Materi, Praktek Keterampilan Kepramukaan Golongan Penggalang, Forum Terbuka (Open Session) adapun Persentase kelulusan peserta mencapai 97%.


"Selama kegiatan berlangsung, para peserta sangat antusias dan bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kursus dari awal hingga akhir serta kegiatan berjalan baik, aman dan lancar tanpa ada kendala yang berarti"


"Kepada para peserta yang mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini agar terus melakukan pengembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan, kecakapan, keterampilan dan kompetensi yang dimiliki khususnya dalam melaksanakan dan menyelesaikan Masa Pengembangan Orang Dewasa (Narakarya) Dasar sebagai salah satu syarat untuk Mendapatkan Surat Hak Bina (SHB) dan Tanda Hak Bina (THB) dengan Kualifikasi Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalang" Kak Dr. Musafir, MH selaku Wakil Pimpinan Kursus.


Acara Penutupan kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone dalam hal ini diwakili oleh Kak Syamsuddin, S.Pd., selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone. Selain itu, hadir Pula Kak Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag/ Rektor IAIN Bone selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus)


Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Kursus, Para Tim Pelatih Pusdiklatcab Bone, Ketua Kwartir Ranting Tanete Riattang Barat, Para Ketua Gugus Depan, Para Pembina Satuan, Pengurus Dewan Racana Pandega, Panitia Pelaksana dan Para Peserta. Acara kemudian ditutup dengan membuat Rantai Persaudaraan dan Sayonara.



Penulis: Kak Sakti

Tidak ada komentar