ads header

Breaking News

Api Unggun dalam Kegiatan Pramuka dan Nilai Pendidikannya

Upacara Api Unggun Foto : Arsip Pribadi

wartapramuka.com | Artikel - Api Unggun Adalah  api yang ada di luar ruangan yang sengaja dibuat atau dibakar menggunakan kayu bakar atau kayu yang telah kering yang terdiri dari dahan dan ranting Atau batang kayu yang ada disekitar kegiatan kepramukaan tentunya.


Setiap kegiatan pramuka mulai dari perkemahan jumat sabtu minggu (Perjusami ) atau perkemahan Sabtu Minggu( Persami ) dan sebagainya yang namanya api unggun tentu ada, namun jika cuaca tidak memungkinkan keadaan karena hujan maka api unggun dapat diganti dengan lilin dan sebagainya.


Api unggun itu salah satu fungsinya adalah  mendinginkan badan di malam hari yang dingin, mengusir binatang buas ketika kita berkemah di hutan belantara atau dengan kata lain menjauhkan dari gangguan binatang buas dan banyak lagi fungsi dari api unggun tersebut.


Setelah api unggun menyala maka banyak kegiatan yang dilakukan oleh peserta Perkemahan seperti menari atau menyanyi per Regu atau bahkan adu yel-yel sesama regu waktu kegiatan berkemah bahkan tidak jarang juga setelah api unggun habis terbakar ada juga yang membakar ubi atau singkong untuk dinikmati bersama-sama setelahnya.

Di dalam gerakan Pramuka banyak nilai-nilai atau karakter-karakter yang akan dibentuk bagi peserta didik dan banyak sekali manfaat kegiatan yang ada di dalam kepramukaan salah satu manfaat dari kegiatan api unggun adalah sebagai berikut : 

Nilai pendidikan dari api unggun, di antaranya:

1. mempererat persaudaraan.

2. Memupuk kerjasama atau gotong royong. 

3. Menambah percaya diri dan keberanian 

4. Mengembangkan bakat dan kreativitas.

5. Mengembangkan atau memupuk disiplin bagi pelaku dan penonton


Penulis : Kak Syarifuddin


Tidak ada komentar