ads header

Breaking News

Pramuka adalah Wadah yang Relevan Pembentuk Karakter Peserta Didik


Gambar ilustrasi

wartapramuka.com | Artikel, Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, dan merupakan sebuah organisasi Gerakan kepanduan Indonesia,  Pramuka adalah salah satu kegiatan Wajib ekstrakurikuler di sekolah dan sangat relevan sebagai wadah penanaman nilai karakter peserta didik.


Tujuan Pramuka :  Pada dasarnya untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada dalam diri peserta didik seperti intelektual, spiritual, sosial, dan fisik.


Fungsi Pramuka :  untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan proses pencapaian yang harus dilaksanakan seperti sebagai berikut :

1. Bagi Peserta didik 

Membutuhkan suatu kegiatan yang menyenangkan , mempunyai tujuan , terarah dan sekaligus mendidik agar mereka menjadi individu yang lebih baik


2. Bagi Orang Dewasa

Kegiatan Pramuka adalah suatu tugas yang di emban dengan ikhlas , kerelaan dan Pengabdian yang dilakukan secara sukarela demi mencapai tujuan Pramuka.


Nilai karakter apa saja yang didapat peserta didik atau yang harus dikembangkan melalui kegiatan kepramukaan adalah sebagai berikut : 

1. Religius dan toleransi

2. Jujur, disiplin dan kerja keras

3. Kreatif, mandiri dan demokratis

4. Semangat kebangsaan , cinta tanah air dan cinta damai

5. Bersahabat , komunikatif,  peduli lingkungan, Peduli sosial, dan bertanggung jawab.

6. Menghargai prestasi ,gemar membaca dan suka menolong

******

Penulis: Kak SYARIFUDDIN 


Tidak ada komentar