ads header

Breaking News

Ragam Permainan Kepramukaan dalam KMD Kwarran Patimpeng Bersama Kak Basri

 




wartapramuka.com | PATIMPENG , SULSEL, Kegiatan dalam pramuka begitu seru dan mengasyikkan, hal itu membuat banyak peserta didik selalu merasa senang, riang dan bahagia ketika melaksanakan pramuka, terutama ketika masuk pada sesi permainan. Berbagai kegiatan permainan pramuka penggalang membuat anggotanya riang. "Permainan pada pramuka penggalang ini menjadi kegiatan penting untuk membuat semangat anggotanya tumbuh kembali" terang Kak H. Basri., SPd, pelatih Pusdiklatcab Bone saat memperkenalkan permainan kepramukaan kepada peserta KMD Kwarran Patimpeng (Ahad, 12/03/2023).


Menurutnya, dalam kegiatan-kegiatan Pramuka, kurang lengkap rasanya jika tidak ada momen-momen yang sulit dilupakan nantinya. Maka itu, setiap kegiatan kepramukan perlu diisi dengan sesi khusus permainan yang bisa jadi pengalaman seru dan tidak terlupakan.





Ragam permainan tersebut bertujuan untuk mengurangi kejenuhan dan ketegangan dalam kegiatan perkemahan, kegiatan di tengah-tengah pembelajaran materi-materi kepramukaan, maupun dalam kegiatan kepramukaan lainnya. Berbagai jenis permainan dalam pramuka penggalang memiliki banyak tujuan yang sesuai dengan ciri khas masing-masing. "Permainan dalam pramuka sangat mendukung terbentuknya karakter yang tangguh. Selain itu manfaat penting lainnya yaitu untuk melatih kerjasama, tanggung jawab, kekompakan, serta kecekatan" tutur pelatih Kak Firdaus, S.Sos


Permainan dalam pramuka memiliki tujuan yang sangat penting bagi pengembangan karakter, terutama pada pramuka penggalang yang beranggotakan siswa berusia 11-15 tahun. "Pada usia ini anak-anak memang membutuhkan kegiatan bersifat menyenangkan dan mendidik, permainan pramuka ini menjadi solusinya" jelas Kak H. Agus, SPd, yang juga salah satu Pelatih Pusdiklatcab Bone.


Permainan pada pramuka penggalang ini bersifat edukatif dan menghibur, dalam pramuka harus ada kegiatan permainan agar para anggotanya tidak merasa jenuh dan semakin menikmati rangkaian kegiatan.


Adapun beberapa permainan yang diperkenalkan antara lain permainan dasa dharma, roti-rotan, ular naga, pesan berantai, bola berantai, main sepatu, dan masih banyak lagi. Hal ini membuat peserta kembali fresh dan "bugar" lagi dalam mengikuti materi-materi KMD selanjutnya.


Penulis : YA.Yahya (Kwarran Patimpeng)


Tidak ada komentar