ads header

Breaking News

Gudep 04.059 - 04.060 Pangkalan MI Ar Rahman Pajekko Belajar Sandi Morse Pramuka

 






wartapramuka.com | Pembina Pramuka MI Arrahman Pajekko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Ka' Riswan mengajarkan kepada seluruh anak Pramuka  Gudep 04.059 - 05.060 Pangkalan MI Arrahman Pajekko tentang materi  sandi Morse Kegiatan dilaksanakan   diruang dan lapangan Madrasah, Jumat (13/10/2023).


Kegiatan ini mendapat respon yang sangat positif dari semua siswa. Mereka sangat bersemangat mengikuti materi sandi morse ini. Saat ditemui salah seorang siswa MI Arrahman Pajekko  Adzrah Nasyama Kaisah yang sehari-hari disapa Kaisah ini, sangat senang mengikuti pelajaran sandi morse.


”Kami sangat antusias sekali dengan kegiatan ini. Dengan menghafal salah satu sandi pramuka,yaitu Sandi Morse, kami dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari dan dengan kegiatan ini  juga dapat membuat kami lebih memahami lagi arti dari kegiatan Pramuka tersebut”,ungkapnya


Pembina pramuka Ka' Riswan menjelaskan  sekaligus mempraktekkan  bahwa  Kode morse juga digunakan dan dipelajari di dunia kepramukaan atau kepanduan. Dalam dunia kepramukaan kode morse disampaikan menggunakan senter atau peluit pramuka.


"Kode morse disampaikan dengan cara meniup peluit dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili.  garis. Untuk menghafalkan kode ini digunakan metode yang mengelompokkan huruf-huruf berdasarkan bagaimana huruf ini diwakili oleh kode morsenya”, jelasnya.







Pengelompokan tersebut antara lain Alphabet dengan kode morse yang berkebalikan antara titik dan garis, misalnya huruf K yang diwakili oleh -.- berkebalikan dengan huruf R yang diwakili oleh .-. dan alfabet dengan kode morse berlawanan. Misalnya, huruf A yang diwakili oleh .(*)


Penulis : Ka' Tamzil

Tidak ada komentar