ads header

Breaking News

Penerimaan Tamu Gerakan Pramuka UNTIRTA (MAPERTA G-PRAU)

 





wartapramuka.com  | SERANG, Gerakan Pramuka yang berpangkalan pada perguruan tinggi, Gugusdepan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengadakan kegiatan Masa Penerimaan Tamu Gerakan Pramuka UNTIRTA (MAPERTA G-PRAU) Tahun 2023. Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari dua malam ini berlangsung di desa Kadubeureum, kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.


Dalam pembukaan kegiatan MAPERTA G-PRAU, hadir purnawarga Pramuka Untirta. Pemberian nama purnawarga ini sesuai dengan yang ada dalam adat Pramuka Untirta, bahwa siapapun anggota Pramuka Untirta yang telah selesai menempuh pendidikan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menjadi purnawarga, dan disebut purna.


Diantara yang hadir, Kak Suryadi (angk. 2000), Kak Indra Martha Rusmana (angk. 2003), Kak Naovan (angk. 2006), dan pembina satuan yang juga purna, Kak Tubagus Rahmat (angk. 2010).


Kak Indra Martha Rusmana, dalam sesi anjangsana, menyampaikan, Pramuka Untirta yang saat ini telah memiliki ambalan dan juga racana harus mampu menghasilkan Pembina Pamuka yang cakap dan kompeten. Cakap dalam tekpram, aturan yang ada dalam Gerakan Pramuka, dan juga cakap membawa kepramukaan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Maka, ketika memutuskan untuk masuk menjadi anggota Pramuka Untirta, harus memiliki target pencapaian dan mau terus belajar. Karena ada tribina yang harus dijalankan, yaitu bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat.


Sementara itu, kak Naovan memberikan pesan untuk para calon anggota Pramuka Untirta untuk dapat meningkatkan kompetensinya (bina diri), sehingga mampu membawa nama Pramuka Untirta menjadi lebih baik (bina satuan), serta apa yang sudah didapatkan selama menjadi anggota dapat diterapkan di masyarakat (bina masyarakat).


“Kami dari purnawarga Racana Sultan Ageng Tirtayasa dan Nyai Gede Ayu mengharapkan Pramuka Untirta dapat terus mengibarkan panji-panji kepanduan dengan semangat ikhlas bakti bina bangsa ber budi bawa laksana, serta dapat menjadi pribadi yang setia, siap, dan sedia dalam ikut serta membangun masyarakat.” tutup Indra Martha Rusmana. #imr


Penulis : Kak Indra



Tidak ada komentar