ads header

Breaking News

Peserta Jota Joti SMAN 8 Bone dibekali Materi Tentang Penggunaan Internet yang Aman dan Nyaman

 





wartapramuka.com | Bone, Sulawesi Selatan---Ambalan Ambalan Jend. Muh. Yusuf dan Ambalan Elly Saelan Gerakan Pramuka Ggus Depan 11. 073 dan Gugus Depan 11. 074 Pangkalan UPT SMAN 8 Bone melaksanakan kegiatan Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (Jota Joti) Tahun 2023 beberapa waktu yang lalu (Minggu, 22/10/2023).


Pada kegiatan Jota Joti Tahun 2023 kali ini, para peserta juga dibekali materi tentang Selayang Pandang Pelaksanaan Jota Joti, Sejarah Jota Joti, Etika, Tata Cara, alur, mekanisme dan prosedur pelaksanaan Jota Joti tahun 2023.






Untuk Materi Standar Operasional Prosedur (SOP) Jamboree On The Air (Jota) disampaikan oleh Kak Andi Muhammad Yauri, S.Ss, M.Hum, PHd/ Pengurus Daerah Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) Sulawesi Selatan dengan Callsign YB8AO. Sedangkan Materi Selayang Pandang Jamboree On The Internet dan Tata Cara Penggunaan Internet yang Aman dan Nyaman disampaikan oleh Kak Satria Jaya, S.Pd.I, Penanggung Jawab Jota Joti di UPT SMAN 8 Bone.


Pada kesempatan tersebut, dijelaskan bahwa JOTA Internasional Pertama kali dilaksanakan pada Tahun 1957 dalam rangka memperingati  50 Tahun kepanduan dunia. Kegiatan JOTA pertama kali di gagas oleh Leslie R. Mitchell , Seorang Pemilik Stasiun Radio Amatir berkebangsaan Inggris dengan Saluran Callsign G3BHK dengan jangkauan 40 s.d 80 Meter. Sedangkan JOTI Internasional pertama kali dirintis pada tahun 2004 oleh Rover Queanbeyan (Australia) dengan Rover Norvan Vogt (Belanda) yang dikoordinir oleh Brett Sheffield.


Untuk Indonesia sendiri,JOTA JOTI di Indonesia pertama kali dilaksanakan dengan menggunakan Istilah PERKASA (PERTEMUAN PRAMUKA MELALUI ANGKASA) Pada tahun 1957 Dan PERKANET (PERTEMUAN PRAMUKA MELALUI INTERNET) pada tahun 1996.


Ada beberapa aturan keamanan yang harus ditaati oleh seorang anggota pramuka dalam melaksanakan kegiatan yang aman dan nyaman melalui internet diantaranya adalah jadilah orang baik saat online, jagalah kerahasiaan informasi pribadi, berhati-hatilah dengan apa yang kita bagikan, jika ada hal yang kurang menyenangkan, beritahu seseorang yang anda percaya, periksa pengaturan privasi dan tahu cara melaporkan postingan dan orang.


“Pada Pelaksanaannya, Jota Joti diselenggarakan dengan tetap mengutamakan keselamatan dan etika online. Setiap pelaksanaannya harus dipastikan kita semua berkomunikasi dengan rasa hormat dan mematuhi aturan yang berlaku serta prinsip internet yang sehat”


“Semua kaidah “Safe From Harm” diimplementasikan secara nyata sehingga kegiatan Jota Joti Tahun 2023 berlangsung aman, nyaman dan selamat serta tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai secara maksimal” Ungkap Kak Satria Jaya, S.Pd.I


Tema Jota Joti Tahun 2023 adalah “Youth Leadership In Peace (Kepemimpinan Para Pemuda dalam Perdamaian”


Adapun peserta pada kegiatan ini berjumlah 87 Orang yang berasal dari beberapa pangkalan yang berbeda diantaranya adalah Pangakalan UPT SMAN 8 Bone, UPT SMAN 6 Bone, UPT SMAN 19 Bone dan SMKN 6 Bone 



Penulis : Kak Sakti

Tidak ada komentar