ads header

Breaking News

ORARI BONE SELATAN DUKUNG PENUH PELAKSANAAN JOTA JOTI SMAN 8 BONE

 





wartapramuka.com \ Bone, Sulawesi Selatan ---Pengurus Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) Lokal Bone bagian Bone selatan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Jamboree On The Air  dan Jamboree On The Internet (JOTA JOTI) Tahun 2023 ini. Hal ini terlihat dengan keterlibatan aktif para pengurus Orari dalam memberikan bimbingan, arahan dan pengawasan serta dukungan Sarana Prasarana pada para peserta Jota Joti tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula UPT SMAN 8 Bone Jalan Pahlawan Kel. Awang Tangka Kec. Kajuara, Bone (Sulawesi Selatan).






Selain itu, Para Pengurus Orari Lokal Bone bagian Bone Selatan juga memberikan materi dan arahan tentang alur, mekanisme, etika, dan Standar Operasional Prosedur tata cara berkomunikasi dengan menggunakan perangkat radio amatir.


Hal inilah yang disampaikan oleh Kak Virdaus, SE/ YB8CS saat ditemui disela-sela pelaksanaan Jota Joti di Ambalan Jend. Muh. Yusuf dan Ambalan Elly Saelan Gerakan Pramuka Ggus Depan 11. 073 dan Gugus Depan 11. 074 Pangkalan UPT SMAN 8 Bone beberapa waktu yang lalu (Minggu, 22/10/2023)






Ia juga menyampaikan bahwa Organisasi Gerakan Pramuka dan Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) memiliki tujuan yang sama dalam memberikan ilmu pengetahuan, keterampilan, kecakapan, pengalaman khususnya dalam peningkatan wawasan terkait penggunaan radio amatir di lingkup  Gerakan Pramuka.


Selain itu, Pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Pengurus Pusat Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari Pusat) telah menandatangani Mou/ Perjanjian Kerjasama terkait kegiatan di bidang Radio Amatari dan Kepramukaan dengna melakukan usaha-usaha pembinaan dan pengembangan pelaksanaan kegiatan.


Didalam Perjanjian kerjasama tersebut, Pengurus Orari disemua tingkatan memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk memberikan bantuan moril, bimbingan teknis, pengawasan, pengendalian kegiatan serta bantuan sarana dan prasarana kepada Anggota Gerakan Pramuka. Tugas dan tanggung jawab lainnya adalah memberikan pelatihan kepada anggota Gerakan Pramuka dalam rangka mendapatkan keterampilan di bidang radio Amatir.


Untuk itu, dalam Pelaksanaan Jamboree On The Air (Jota) yang menggunakan perangkat Radio Amatir, Pengurus Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) memberikan bantuka kepada Gerakan Pramuka khususnya dalam penerbitan Izin Amatir Radio Khusus (IARK) dalam pelaksanan Jamboree On The Air.


“Pengurus Orari Lokal Bone Bagian Selatan memberikan Apresiasi terhadap pelaksanaan Jamboree On The Air (Jota) di UPT SMAN 8 Bone. Kami akan terus memberikan dukungan penuh dalam setiap pelaksanaan kegiatan Jota khususnya di wilayah Bone bagian Selatan”


“Ke depan, kami berharap Pengurus Orari dan Pengurus Gerakan Pramuka terus terlibat aktif dalam menyukseskan pelaksanana kegiatan Jota Joti yang merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh Organisasi Kepanduan Dunia/ WOSM ditingkat Internasional dan Pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka ditingkat Nasional” Ungkap Kak Virdaus, SE/ YB8CS.


Selain Kak Virdaus, SE/ YB8CS, hadir pula mendampingi Kak H. A. Sutar Madjid/YC8BCG, Koordinator Kecamatan Orari Lokal Bone bagian Bone Selatan. Hadir pula beberapa anggota Orari Lokal Bone bagian Bone Selatan diantaranya Kak Saenal Ebang/ YCBBS, Kak Abdul Halik, S.Pd/ YD8BTS, Kak Syafaruddin/ YD8DHK, Kak Hafri/ YD8CMG, Kak Syarifuddin/ YD8BGP, Kak Muhammad Nur/ YD8CEL, Kak H. Karyadi/ YD8BLQ, Kak Badaruddin/ YD8BTV Dan Kak Andi Basri, S.Pd/ YC8DPA


Tahun ini, Izin Amatir Radio Khusus (IARK) Ambalan Jend. Muh. Yusuf dan Ambalan Elly Saelan Gerakan Pramuka Gugus Depan 11. 073 dan Gugus Depan 11. 074 Pangkalan UPT SMAN 8 Bone adalah YH8ALC



Peis ; Kak Sakti

Tidak ada komentar