ads header

Breaking News

Pelaksanaan Jota Joti Gerakan Pramuka UPT SMAN 8 Bone

 



wartapramuka.com | Bone, Sulawesi Selatan ---Ambalan Jend. Muh. Yusuf dan Ambalan Elly Saelan Gerakan Pramuka Gugus Depan 11.073 dan Gugus Depan 11. 074 Pangkalan UPT SMAN 8 Bone, Kajuara (Bone, Sulawesi Selatan) turut berpartisipasi pada kegiatan Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (Jota Joti) Tahun 2023. Kegiatan Jota Joti ini merupakan kegiatan event tahunan yang dilaksanakan oleh Organisasi Kepanduan Dunia/ World Organization of the Scout Movement (WOSM) dan diikuti oleh seluruh anggota Organisasi Pramuka Nasional yang tersebar di seluruh dunia.


Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Aula UPT SMAN 8 Bone Jalan Pahlawan Kel. Awang Tangka Kec. Kajuara, Bone, Sulawesi Selatan (Jum’at, 20/11/2023). Pembukaan kegiatan dihadiri langsung oleh Kak Syamsuddin, S.Pd selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone.







Turut hadir mendampingi, A. Muhammad Hidayat, S.Pd selaku Ketua Kwartir Ranting Kajuara, Kak Dra. Andi Sukmawati AZ, M.Si/ Ketua Mabigus UPT SMAN 8 Bone, Kak Firdaus/Perwakilan Orari, para pengurus Orari Lokal Kec. Kajuara, Para Fasilitator dan Narasumber, Para Pembina dan Para Peserta Jota Joti Tahun 2023.


Dalam laporannya, Kak Ahmad Kamal, S.Pd.,M.Si selaku Panitia Pelaksana mengungkapkan bahwa Kegiatan Jota Joti tahun 2023 merupakan kegiatna tahunan yang tidak hanya dilaksanakan secara internasional. Akan tetapi, juga dilaksanakan secara Nasional yang dalam pelaksanaannya dikoordinir langsung oleh Gerakan Pramuka Kwartir Nasional c.q. Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Nasional (DKN).


Ia juga  melaporkan bahwa kegiatan Jota Joti tahun 2023 merupakan kegiatan perdana dilaksanakan di UPT SMAN 8 Bone yang dilaksanakan pada tanggal 20 s.d 22 Oktober 2023. Kegiatan Jota Joti kali ini diikuti oleh 80 orang peserta dari berbagai pangkalan diantaranya anggota Gerakan Pramuka UPT SMAN 8 Bone, UPT SMAN 6 Bone, UPT SMAN 19 Bone dan UPT SMKN 6 Bone.






Berbeda halnya yang diungkapkan oleh Kak Dra. Andi Sukmawati, AZ, M.Si selaku Ketua Mabigus UPT SMAN 8 Bone, beliau memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para panitia yang melaksanakan Jota Joti Tahun 2023 bertempat di UPT SMAN 8 Bone.  Ia juga menyampaikan harapan agar para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan benar sehingga mendapat bekal ilmu pengetahuan khususnya terkait tentang tata cara, alur, mekanisme dan prosedur menggunakan perangkat radio amatir dan menggunakan internet yang aman dan nyaman.


Sementara itu, Kak Syamsuddin, S.Pd selaku Kepala Pusat Pendidikan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan peserta didik, harus senantiasa mendapat pengawasan dari orang dewasa sehingga dapat dipastikan kegiatan yang dilakukan sesuai dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.






“Salah satu tujuan Gerakan Pramuka adalah agar membentuk setiap pramuka memiliki karakter dan kepribadian  yang baik, beriman, bertakwa, berakhlak mulia serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa”


“Untuk itu, kami berharap pada pelaksanaan Jota Joti tahun 2023 di UPT SMAN 8 Bone, pada pelaksanaannya diharapkan orang dewasa memberikan bantuan dan dukungan serta pengawasan kegiatan sehingga pelaksanaan Jota Joti tahun 2023 dapat terlaksana sesuai dengan aturan yang ada” Ungkap Kak Syamsuddin, S.Pd.


Adapun tema pelaksanaan Jota Joti tahun 2023 adalah Youth Leadership in Peace/ Kepemimpinan Kaum Muda dalam Perdamaian. Adapun Izin Amatir Radio Khusus (IARK) pada Pelaksanan Jota Joti Tahun 2023 UPT SMAN 8 Bone adalah YH8ALJC 


Penulis : Kak Sakti



Tidak ada komentar