ads header

Breaking News

Kapusdiklatcab Bone: Jadilah Pembina yang dapat mengemban sistem dan nilai Gerakan Pramuka

 





wartapramuka.com | Bone, Sulawesi Selatan , Sebagai orang dewasa, Pembina Pramuka Peserta Kursus diasumsikan telah banyak 

memiliki pengalaman dan konsep diri yang selama ini diyakini kebenarannya, 

sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain. Oleh karena itu metode 

pembelajaran hendaknya dikemas sedemikian rupa agar memenuhi prinsip-prinsip 

komunikasi yang baik sehingga orang dewasa memperhatikan (awareness), tertarik 

(interest), mencoba (trial), menilai kecocokannya (evaluation), sehingga menganggap 

bahwa apa yang disajikan dalam kursus tersebut menjadi bagian dari diri dan 

kepentingannya (adoption)





Selain itu, Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal yang bertugas menyelenggarakan Pendidikan Kepramukaan bagi Kaum muda. Salah satu tujuan Gerakan Pramuka adalah untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa,memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negeara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.






Hal inilah yang disampaikan oleh Kak Syamsuddin, S.Pd selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone saat menyampaikan materi tentang Orientasi Kursus pada Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang yang dilaksanakan oleh Dewan Racana Pandega La Patau Matanna Tikka dan We Bataritoja Gerakan Pramuka Gugus Depan 22. 045 dan 22. 046 yang berpangkalan di IAIN Bone (Rabu, 20/12/2023).


Ia juga menyampaikan bahwa Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang pada dasarnya bertujuan untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan, kecakapan, keterampilan, kompetensi dan Pengalaman Praktis tentang Proses dan Mekanisme Pembinaan dan Pendidikan Kepramukaan khususnya di Satuan Penggalang.


Pada akhirnya, Lulusan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang nantinya diharapkan dapat Menjadi Pembina Pramuka di Gugus Depan, Menjadi Pembina yang dapat mengemban sistem nilai Gerakan 

Pramuka, Dapat menerapkan dan mengembangkan materi kecakapan atau keterampilan dasar yang disampaikan dalam kursus tersebut. Serta dapat menyelesaikan Masa Pengembangan Orang Dewasa (Narakarya Dasar) Pasca Kursus dengan melaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) di gugus Depannya masing-masing.


"Bagi yang telah menyelesaikan Narakarya Dasar Pasca Kursus ini, berhak memperoleh Surat Keterangan telah Menyelesaikan Masa Pengembangan orang Dewasa, Surat Hak Bina (SHB) dan Tanda Hak Bina (THB) dengan Kualifikasi Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar"


"Kami berharap para peserta nantinya dapat menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan Kursus Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini dengan baik dan dapat melaksanakan dan menyelesaikan Masa Pengembangan Orang Dewasa (Narakarya Dasar) sebagai Satu Syarat untuk mengikuti Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) nantinya" Ungkap Kak Syamsuddin, S.Pd selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone.


Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini akan diselenggarakan mulai tanggal 20 s.d 26 Desember 2023. Adapun tema yang diusung pada kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang kali ini adalah Membentuk Pembina Yang Berkualitas dan Berkarakter.


Penulis: Satria Jaya

Tidak ada komentar