ads header

Breaking News

Kapusdiklatcab Bone: PDK dan MK merupakan Nilai dan Norma Kehidupan Anggota Gerakan Pramuka

 



wartapramuka.com | Bone, Sulawesi Selatan, Pondasi sebuah bangunan merupakan hal yang sangat vital, makin kokoh pondasi 

dibuat, bangunan di atasnya makin kuat dan aman. Prinsip dasar ialah asas yang mendasar yang menjadi dasar dalam berfikir dan bertindak. Prinsip Dasar meliputi nilai dan norma dalam kehidupan seluruh anggota Gerakan Pramuka.


Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, menantang yang dilakukan di alam terbuka dengan sasaran akhir pembentukan watak. Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) adalah asas yang mendasari kegiatan kepramukaan dalam upaya membina watak peserta didik.







Hal inilah yang disampaikan oleh Kak Syamsuddin, S Pd selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone saat menyampaikan salah satu Materi Fundamental Gerakan Pramuka yakni Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan di hadapan Peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang yang dilaksanakan oleh Pengurus Dewan Racana Pandega La Patau Matanna dan We Bataritoja Gerakan Pramuka Gugus Depan 22. 045 dan 22. 046 yang berpangkalan di IAIN Bone (Rabu, 20/12/2023).


Ia juga menyampaikan bahwa sebagai Analogi dengan pondasi, makin kuat penjiwaan Prinsip Dasar Kepramukaan dalam diri peserta didik, maka makin kuat jiwa kepramukaannya. Prinsip Dasar Kepramukaan yakni: a) Iman dan takwa kepada tuhan Yang Maha Esa; b) Peduli terhadap bangsa, negara, sesama manusia dan alam serta isinya; c) Peduli terhadap diri sendiri dan; d) Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.


Sedangkan Metode Kepramukaan Meliputi Kode Kehormatan, Belajar sambil Melakukan, Sistem Berkelompok/Beregu, Kegiatan Menarik dan menantang, kegiatan di Alam terbuka, Kehadiran Orang dewasa, Tanda Kecakapan dan Satuan Terpisah antara Putra dan Putri.


Ia juga menambahkan bahwa menerima dan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan adalah hakekat Pramuka, baik sebagi mahkluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk sosial,maupun individu yang menyadari bahwa pribadinya Taat pada perintah Tuhan Yang Maha Esa dan beribadah sesuai tata cara  menurut agama yang dipeluknya serta menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Mengakui bahwa manusia tidak hidup sendiri, melainkan hidup bersama dengan sesama manusia dalam kehidupan bersama yang didasari oleh prinsip perikemanusiaan yang adil dan beradab.Diberi tempat hidup dan berkembang oleh Tuhan Yang Maha Esa, di bumi yang berunsurkan tanah, air dan udara sebagai tempat bagi manusia untuk hidup 

bersama, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa yang rukun dan damai.


"Salah satu Tugas dan Tanggung Jawab seorang Pramuka adalah Memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sosial serta memperkokoh persatuan menerima kebhinekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia"


"Selain itu, Anggota Geraka Pramuka juga berkewajiban untuk peduli terhadap lingkungannya dengan cara menjaga, memelihara dan menciptakan lingkungan hidup yang baik sesuai dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan" Ungkap Kak Syamsuddin, S Pd selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Kapusdiklatcab) Bone.


Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini akan diselenggarakan mulai tanggal 20 s.d 26 Desember 2023. Adapun tema yang diusung pada kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang kali ini adalah Membentuk Pembina Yang Berkualitas dan Berkarakter.



Penulis: Kak Sakti

Tidak ada komentar