ads header

Breaking News

Latihan Pembuatan Tandu Darurat Pramuka UPT SD Inpres 12/79 Lonrae

 






 wartapramuka.com | BONE, Pramuka UPT SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone  bersama-sama berlatih kemampuan mereka dalam pembuatan Tandu Darurat. Dimana Pembina Pramuka Kak Irdam Idrus, S.Pd.Gr memaparkan bahwa Cara membuat  usungan, atau tandu darurat merupakan salah satu materi teknik kepramukaan bidang PPPK yang wajib dikuasai oleh seorang pramuka. Ketrampilan membuat tandu darurat akan sangat diperlukan ketika saat-saat darurat utamanya ketika terjadi kecelakaan yang membutuhkan evakuasi korban. Karena itu penguasaan keterampilan Pertolongan Pertama Dalam Kecelakaan pembuatan tandu sering kali dilombakan dalam kegiatan kepramukaan.





Murid UPT SD Inpres 12/79 Lonrae membuat Tandu Darurat dengan memanfaatkan tongkat dan tali yang tersedia.  Karena sifatnya yang darurat, peralatan yang digunakan adalah yang umumnya tersedia saat kegiatan. Kalaupun tidak ada, bisa memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia. Peralatan itu antara lain: Tongkat Pramuka 2 buah, digunakan sebagai induk dragbar; standar tongkat yang digunakan untuk membuat dragbar seharusnya mempunyai panjang 225 cm, namun karena biasanya yang tersedia adalah tongkat pramuka berukuran 160 cm, tongkat inipun bisa digunakan tentunya dengan memperhatikan kondisi luka korban. Lalu Tongkat pendek ukuran 60 cm 2 buah, digunakan sebagai anak dragbar, Tali pramuka secukupnya dan Mitella (jika ada)






Adapun untuk membuat atau merakit tandu darurat caranya adalah sebagai berikut yaitu rebahkan dua tongkat pramuka (ukuran 160 cm) secara sejajar dengan jarak kurang lebih 50 cm, ini menjadi induk tandu. Palangkan dua tongkat ukuran 60 cm di ujung kiri dan kanan induk dragbar dengan jarak dari masing-masing ujung sekitar 25 cm. Ikat keempat pertemuan induk dragbar dengan anak dragbar dengan menggunakan ikatan palang. Itulah cara membuat dragbar darurat, sekilas memang rumit akan tetapi dengan banyak berlatih dan jika dikerjakan bersama-sama dengan kompak tentu akan dapat terselesaikan dengan cepat dan mudah. 


Penulis  : Tamzil 

Tidak ada komentar