ads header

Breaking News

Pendidikan Dasar Saka Bhayangkara Kwartir Cabang Bone Angkatan IX




wartapramuka.com | Bone, Sulawesi Selatan ,Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone melaksanakan kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) Angkatan IX Tahun 2023 beberapa waktu yang lalu, Sabtu (16/12/2023).


Kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) kali ini dipusatkan di Kantor Kepolisian Resort (Polres) Bone, Jalan Yos Sudarso Kelurahan Tibojong Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone (Sulawesi Selatan).







Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Bone dalam hal ini diwakili oleh Kompol H. Risal, SH, Kepala Bagian Sumber Daya selaku Anggota Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka). Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kak Andi Armadana, S.Sos/ Kasat Binmas selaku Pimpinan Saka.


Selain itu, hadir Pula Kak Andi Saprialam, S.Pd selaku Unsur Pimpinan Saka, Para Pembina Gugus Depan, Para Pengurus Dewan Saka Bhayangkara Baik Putra maupun Putri dan para Peserta Pendidikan Dasar (Diksar) Saja Bhayangkara Angkatan IX Tahun 2023.


Dalam arahannya, Kompol H. Risal, SH, Kepala Bagian Sumber Daya selaku Anggota Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka) menyampaikan bahwa Satuan Karya Pramuka merupakan Wadah Pembinaan ditingkat Kwartir sebagai Penyelenggara pembinaan kecakapan hidup dan kompetensi anggota Satuan Karya.


Pembinaan kecakapan hidup dan kompetensi anggota Saka ditujukan kepada para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, untuk mengembangkan Minat dan bakat serta meningkatkan kecakapan hidup dan kompetensi anggota Saka dalam bidang penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni serta penguasaan keahlian dan keterampilan fungsional yang selaras dengan perkembangan zaman, agar dapat hidup mandiri di masa depan. 


Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan Jiwa kerelawanan, kewirausahaaan, profesionalisme, etika, dan sikap kerja anggota Saka, agar dapat berperan menjadi warga negara yang aktif, melakukan pengabdian pada masyarakat serta mampu menciptakan lapangan kerja dan melaksanakan kerja profesional berdasarkan keahlian yang dimiliki.


Lebih Lanjut, diungkapkan bahwa Satuan Karya Pramuka Bhayangkara merupakan salah satu Satuan Karya yang ada dalam Gerakan Pramuka dibawah Pembinaan Jajaran Kepolisian Republik Indonesia ditingkatkannya masing-masing bertujuan mendidik Para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berfungsi sebagai tempat pendidikan dan pelatihan terkait dengan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Kader yang patuh terhadap hukum dan peraturan lalu lintas.


"Kami berharap, para Pramuka yang mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) Saka Bhayangkara Angkatan IX tahun 2023 ini dapa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan benar"


"Kami juga berharap kepada Para Pimpinan Saka, Pengurus Dewan Saka dan Para Panitia dapat memastikan seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan" Ungkap

Kompol H. Risal, SH, Kepala Bagian Sumber Daya selaku Anggota Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka)


Kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) Saja Bhayangkara Cabang Bone Angkatan IX Tahun 2023 diikuti oleh 119 Orang yang terdiri dari 47 Putra dan 72 Orang Putri dari berbagai Pangkalan yang ada di wilayah Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone.


Adapun tema yang diusung pada kegiatan Diksar kali ini adalah Revitalisasi Satuan Karya Menuju Kepengurusan Yang Kreatif Progresif dan Visioner. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Dewan Saka Bhayangkara Masa Bakti 2023-2025 *


Penulis: Kak Sakti

Tidak ada komentar