ads header

Breaking News

Meriah, Karnaval Budaya Pramuka di Bumi Perkemahan Latobang-Patimpeng

 






wartapramuka.com | PATIMPENG, Satu per satu Adik-adik penggalang mulai memadati lapangan olahraga kawasan Bumi Perkemahan Latobang, Desa Patimpeng, Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone. Hal tersebut juga dibarengi masyarakat juga berbondong-bondong menuju bumi Perkamahan untuk menyaksikan meriahnya karnaval budaya oleh ratusan anggota Pramuka penggalang dari masing-masing Gudep dibawah naungan Kwartir ranting Patimpeng (Kamis sore, 17/08/2023)


Kegiatan ini merupakan acara puncak dari seluruh kegiatan Kemah LKPP (lomba kreativitas pramuka penggalang) yang diikuti oleh seluruh Penggalang SD/MI dan SMP/MTsN se-Kecamatan Patimpeng. Kak. Yusran sebagai ketua panitia kegiatan ini mengatakan bahwa karnaval tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada generasi muda betapa Indonesia, khususnya di Patimpeng kaya akan keragaman budaya.






Kemeriahan langsung terlihat begitu delegasi Adik-Adik Penggalang SD/MI dan SMP/MTsN se-Kecamatan Patimpeng. Mereka mempertunjukkan kebudayaannya sambil menyusuri jalanan di Desa Patimpeng.


Para peserta LKPP ini begitu bangga bisa menunjukkan budayanya. Mengenakan pakaian adat, kostum khas kemerdekaan dan islami dan diiringi musik serta yel-yel. Mereka terlihat begitu antusias mengikuti karnaval budaya ini.


Kakak Yusran selanjutnya mengatakan bahwa, Acara tahunan ini dilakukan untuk menanamkan sekaligus mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila. Adik-adik mulai dikenalkan beragam kebudayaan Indonesia. Di sinilah keberagaman Indonesia secara nyata terlihat,” ujar Yusran di sela-sela acara Api unggun.


Kak Yusran berharap, adik-adik penggalang tidak hanya sekedar berlomba-lomba menunjukkan pakaian adatnya, kostum unik serta yel-yel, tetapi lebih dari itu, kegiatan ini diharapkan dapat membuka mata kita betapa beragamnya Bangsa Indonesia dengan berbagai perbedaan, namun tetap menjaga kesatuan. "Mereka harus sadar dan bangga sebagai Bangsa Indonesia, yang dilahirkan di Indonesia dengan keberagaman budaya. Sehingga akan muncul toleransi dan rasa harmoni di antara kita,” tutur Yusran lagi






Acara LKPP 2023 ini mengambil tema Hari Pramuka yaitu Sumberdaya manusia yang Profesional dan Proporsional. Selama hampir sepekan, kegiatan tahunan ini diisi dengan beragam lomba yang berkaitan dengan kepramukaan dan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI.


Penulis : Y.A.Yahya / Kwarran Patimpeng

Tidak ada komentar