ads header

Breaking News

KENALKAN SANDI MELALUI SMAPHORE

 





wartapramuka.com | BONE, Latihan rutin gerakan pramuka gugus depan UPT SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur minggu ini adalah pendalaman tentang Smaphore, Jumat (10/11/23)


Smaphore adalah salah cara mengirim dan menerima informasi jarak jauh menggunakan kombinasi posisi ke dua tangan. Agar mudah dilihat, kedua tangan memegang suatu benda yang paling sering digunakan saat ini memegang bendera semaphore berbentuk persegi dengan ukuran 45 cm x 45 cm, Bendera tersebut disusun dari 2 buah segitiga siku-siku dengan warna merah dan kuning. Warna merah selalu berada dekat dengan tangkai bendera.




Pembina pramuka SD Inpres 12/79 Lonrae Ka’ Irdam Idrus, S.Pd.Gr, mengatakan Hingga era modern saat ini, smaphore masih digunakan oleh berbagai pihak, termasuk Pramuka. Karena smaphore merupakan salah satu bagian dari Teknik Kepramukaan yang diajarkan mulai dari golongan Penggalang.


Sebagai pembina Pramuka ujar Ka’ Irdam Idrus, S.Pd.Gr,  ia mencoba untuk membangkitkan lagi semangat anggota pramuka dalam setiap latihan, dengan memberikan materi yang menarik tentang kepramukaan dan diselingi dengan hiburan seperti permainan saling tebak menggunakan smaphore ini.






"Saya yakin dengan cara ini semua akan senang dan terhibur. Selain itu ilmu untuk mengetahui sandi-sandi dalam Pramuka sangat bermanfaat bagi peserta didik,"ujarnya. 


Penulis : Tamzil 


Tidak ada komentar