ads header

Breaking News

Racana IAIN Bone Menggelar KMD Golongan Penggalang

 








wartapramuka.com |Bone, Sulawesi Selatan, Dewan Racana Pandega La Patau Matanna Tikka dan We Bataritoja Gerakan Pramuka Gugus Depan 22. 045 dan Gugus Depan 22. 046 yang berpangkalan pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone menyelenggarakan  kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang, (Rabu, 20/12/2023)


Pembukaan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang tersebut diselenggarakan di Aula Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus 2 IAIN Bone, Kelurahan Polewali Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone, Sulawesi Selatan.






Kegiatan tersebut di Hadiri oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone dalam hal ini diwakili oleh Drs. A. Gunadil Ukra,  MM selalu Ketua Harian Kwartir Cabang Bone. Selain itu, Hadir pula Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag (Rektor IAIN Bone), Syamsuddin, S.Pd (Kapusdiklatcab Bone), Kapolsek dan Danramil selaku Anggota Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran).


Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Kursus, Para Tim Pelatih Pusdiklatcab Bone, Ketua Kwartir Ranting Tanete Riattang Barat, Para Ketua Gugus Depan, Para Pembina Satuan, Pengurus Dewan Racana Pandega, Panitia Pelaksana dan Para Peserta.


Dalam Sambutannya, Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) IAIN Bone mengungkapkan bahwa sebuah apresiasi yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Para Pembina dan Pengurus Dewan Racana Pandega atas pelaksanaan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang di Pangkalan IAIN Bone tahun 2023.


Ia juga menambahkan harapannya agar output dari Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini dapat menghasilkan Pembina yang baik dan berkualitas, secara umum di lingkup Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone dan lebih khusus lagi di Pangkalan IAIN Bone. Untuk itu, kami berharap lepasan dari KMD Golongan Penggalang ini menjadi Pembina yang terbaik dan dapat berkolaborasi dengan Para Pembina lainnya yang ada di Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone.


Berbeda halnya yang diungkapkan oleh Drs. A. Gunadil Ukra, MM selalu Ketua Harian Kwartir Cabang Bone menyampaikan permohonan maaf dari Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone, sedianya beliau hadir dalam kegiatan ini. Namun, dikarenakan sesuatu agenda penting lainnya sehingga beliau berhalangan untuk hadir.


Beliau juga menambahkan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa Gerakan Pramuka pada akhirnya diharapkan dapat mencetak dan membentuk kader-kader pemimpin di masa depan. Dengan  berbagai hal yang didapatkan di Gerakan Pramuka tentu memberikan kontribusi yang besar bagi seorang Pramuka dalam menjalani kehidupannya sehari hari. Beliau juga mengingatkan bahwa salah satu isu dunia saat ini yakni terkait dengan isu kelestarian lingkungan. Untuk itu, diharapkan Pramuka dapat terus menjaga dan merawat kelestarian lingkungan di wilayahnya masing-masing.


"Pramuka harus menjadi garda terdepan dalam menanamkan kepedulian terhadap isu kelestarian lingkungan di sekitarnya. Kami berharap melalui kegiatan KMD Golongan Penggalang ini menjadi Pustaka Pikiran pemimpin di masa yang akan datang"


"Dengan Mengharap Ridho dari Allah SWT dan atas persetujuan Kakak-Kakak yang hadir, kami buka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang di Pangkalan IAIN Bone Tahun 2023 secara Resmi" Ungkap Drs. A. Gunadil Ukra, MM selalu Ketua Harian Kwartir Cabang Bone.


Adapun tema yang diusung pada kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang kali ini adalah Membentuk Pembina Yang Berkualitas dan Berkarakter.


Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Golongan Penggalang ini akan diselenggarakan mulai tanggal 20 s.d 26 Desember 2023.


Penulis: Kak Sakti

Tidak ada komentar